Jumpa PSM Makassar, Persib Bandung Kembali Bermain Imbang

By ommed


nusakini.com - Laga pekan keenam Liga 1 2021/22, antara Persib Bandung dan PSM Makassar, di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (2/10) malam, berakhir tanpa pemenang. Persib melanjutkan tren imbang mereka, sementara PSM hasil imbang ketiga mereka musim ini.

Persib tampil tanpa duet utama mereka di sentral pertahanan, yakni Nick Kuipers dan Victor Igbonefo. Nick harus absen karena akumulasi kartu, sementara Igbonefo harus memenuhi panggilan membela timnas Indonesia.

PSM mendapat tekanan pada menit-menit awal pertandingan, Febri Hariyadi yang beroperasi di sisi sayap coba melepaskan tembakan, tapi melebar. Kans berikutnya dari Wander Luiz, tapi penyelesaian jauh dari harapan.


Dewi keberuntungan nampaknya belum mendekat kepada Luiz, karena pada menit 25' ia mendapat peluang emas melalui sundulan jarak dekat. Syaiful Syamsuddin, penjaga gawang PSM, masih bisa menepis sundulan tersebut.

Pergantian lebih awal dilakukan oleh PSM, karena bek tengah mereka Abdul Rahman cedera hingga kesulitan berjalan. Tempat Rahman digantikan oleh Erwin Gutawa, yang kemudian menjadi tandem dari Serif Hasic.

Mendekati ujung babak pertama, Teja Pakualam mulai diuji kesigapannya. Pertama ia harus bergerak mengamankan tendangan dari Anco Jansen, lalu kemudian mengamankan peluang yang dimiliki oleh Yakob Sayuri. 0-0 di babak satu.


Pada babak kedua, Robert Alberts memainkan Beckham Nugraha untuk menggantikan Frets Butuan. PSM nampak ingin lebih menyerang pada babak kedua, dan hal yang sama juga turut dilakukan oleh Maung Bandung.

Geoffrey Castillion yang melakukan comeback pada laga ini nampak belum maksimal, hingga tempatnya digantikan oleh Ezra Walian. Pada menit ke-60, Persib dapat durian runtuh lewat gol bunuh diri yang dilakukan pemain PSM.

Berawal dari umpan silang Febri Hariyadi dari sisi kiri pertahanan PSM, bola yang maksudnya dibuang oleh Serif Hasic malah melenceng ke gawang sendiri, tepatnya ke tiang jauh. Gol bunuh diri itu membuat kedudukan menjadi 1-0.

Tertinggal tak lantas membuat PSM ciut, pergantian masif dilakukan Milomir Seslija, termasuk memainkan pemain asing baru Bektur Talgat. Gelandang asal Kyrgyzstan itu punya tendangan bebas berbahaya rupanya.

Hingga pada menit 77', umpan tendangan bebas dari Bektur mampu disambut sesama pemain pengganti, Saldi, untuk diubah menjadi gol. Skor 1-1 ini membuat Persib jadi tertekan, dan PSM malah lebih garang.

Berulang kali Teja dibuat repot oleh usaha dari para pemain PSM, Persib secara permainan sudah nampak buyar. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda laga berakhir, skor 1-1 untuk kedua tim tidak berubah. (gi/om)